EVALUASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL JALAN J. A. KATILI-JALAN TONDANO-JALAN MADURA DENGAN METODE PKJI

  • Idrak Mamu Universitas Negeri Gorontalo
  • Yuliyanti Kadir Universitas Negeri Gorontalo
  • Indriati M. Patuti Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Persimpangan atau pertemuan jalan adalah titik temu antara dua jalan atau lebih yang memberikan pengaruh bagi kelancaran arus lalulintas pada kendaraan. Oleh karena itu untuk menunjang kinerja pada suatu simpang maka simpang tersebut digunakan sinyal alat pemberi isyarat lalulintas (APILL). Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis kinerja suatu simpang pada kondisi eksisting. Lokasi penelitian ini dilakukan di simpang BRI Andalas Jalan J. A. Katili, Jalan Tondano, dan Jalan Madura. Analisis dilakukan dengan menggunakan metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2014). Data primer yang diambil dari hasil survei langsung seperti geometrik simpang, volume arus lalulintas, dan waktu siklus sinyal pada simpang, sedangkan data sekunder diperoleh dari peta lokasi penelitian dan data jumlah penduduk yang diperoleh dari instansi badan pusat statistik. Hasil perhitungan diperoleh kinerja simpang tingkat pelayanan C dengan tundaan rata-rata simpang sebesar 15,29 det/skr pada puncak jam pagi, tingkat pelayanan C dengan tundaan rata-rata simpang sebesar 18,91 det/skr pada puncak jam siang dan tingkat pelayanan C dengan tundaan rata-rata sebesar 20,67 det/skr pada puncak jam sore. Alternatif perbaikan dapat meminimalisir nilai tundaan yaitu dengan perancangan dua fase isyarat dan didapatkan tingkat pelayanan B dengan tundaan rata-rata simpang sebesar 9,82 det/skr pada puncak pagi, dan mengubah perlebar jalur pendekat didapatkan tingkat pelayanan B dengan tundaan rata-rata simpang sebesar 14,97 det/skr pada puncak pagi. dengan kondisi simpang tersebut maka tidak perlu adanya perubahan kriteria desain karena sesuai dengan syarat Tingkat Pelayanan di PKJI.

Keywords: Kinerja Simpang, Tingkat Pelayanan, PKJI 2014

Downloads

Download data is not yet available.

References

Direktorat Jenderal Bina Marga, Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia, 2014.

L. L. Nugroho, "Evaluasi Panjang Antrian Pada Lengan Simpang Bersinyal Dengan Metode PKJI 2014," Jurnal Teknik Sipil Universitas Tanjungpura, vol. 4, no. 4, pp. 1 - 15, 2017.

E. . A. Prayitno , Z. Abidin and M. Huda, "Analisis Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Jl. Raya Nginden-Jl. Raya Panjang Jiwo Menggunakan PKJI 2014," Jurnal Perencanaan dan Rekayasa Sipil, vol. 2, no. 1, pp. 23-28, 2019.

A. Narendra and A. Budiwirawan, "Studi Penanganan Tundaan Pergerakan Di Persimpangan Empat Banaran-Sekaran," Jurnal Teknik Sipil dan Perencanaan, vol. 16, no. 1, pp. 1-14, 2014.

I. Handayasari, A. Rokhman and S. Halusman, "Optimalisasi Kinerja Simpang Apill Puri Kembangan Berdasarkan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014," Jurnal Konstruksia, vol. 11, no. 1, pp. 1-7, 2019.

Kementerian Perhubungan, Buku Peraturan Pemerintah Tentang Manajemen dan Rekayasa Lalu-lintas Jalan, No. 14 KM Tahun 2006 ed., Jakarta: Kepala Biro Hukum dan KSLN, 2006.

B. P. S. K. G. "Kota Gorontalo Dalam Angka 2020," Kota Gorantalo, Badan Pusat Statistik Kota Gorontalo, 2020.

Published
2021-01-25
Abstract viewed = 933 times PDF downloaded = 652 times