ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL MENGGUNAKAN SOFTWARE VISSIM PADA PERPOTONGAN JALAN PROF. DR. H.B JASSIN DAN JALAN JENDERAL SUDIRMAN

  • Mohamad Risky Ibrahim Risky Universitas Negri Gorontalo
  • Yuliyanti Kadir Universitas Negeri Gorontalo
  • Frice L. Desei Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Persimpangan jalan adalah daerah atau tempat dimana dua atau lebih jalan raya bertemu atau berpotongan. Adapun tujuan penelitian ini adalah menganalisis kinerja lalu lintas dan tingkat pelayanan pada simpang bersinyal Jalan Prof. Dr. H.B Jassin-Jalan Jenderal Sudirman menggunakan software vissim. Metode analisis yang digunakan adalah mikro-simulasi menggunakan software vissim, dengan melakukan kalibrasi, validasi model simpang secara trial dan error, mempertimbangkan perilaku pengemudi, melakukan uji GEH terhadap volume kendaraan, serta uji chi-square terhadap panjang antrian kendaraan. Berdasarkan hasil mikro- simulasi menggunakan software Vissim kinerja lalu lintas dihari kerja dengan panjang antrian terbesar adalah senilai 38,55 m pada pendekat Jalan Jenderal Sudirman, serta nilai tundaan terbesar adalah senilai 16,96 det/kend dan rata-rata konsumsi bahan bakar adalah 0,46 liter. Level of Service dengan nilai rata-rata 12,15 det/kend dengan tingkat pelayanan LOS_B. Untuk hari libur dengan panjang antrian terbesar adalah senilai 47,22 m pada pendekat Jalan Jenderal Sudirman, serta nilai tundaan terbesar adalah senilai 16,00 det/kend dan rata-rata konsumsi bahan bakar adalah 0,60 liter. Level of Service dengan nilai 12,19 det/kend dengan tingkat pelayanan LOS_B yang berarti karakteristik dari simpang tersebut adalah arus stabil, kecepatan sedikit terbatas oleh lalu lintas, pengemudi masih dapat bebas dalam memilih kecepatannya.

Keywords: Kinerja Simpang Bersinyal, Vissim, Uji GEH, Uji Chi-Square

Downloads

Download data is not yet available.

References

Putri, N. H., & Irawan, M. Z. (2015). Mikrosimulasi Mixed Traffic Pada Simpang Bersinyal Dengan Perangkat Lunak Vissim. The 18th FSTPT International Symposium.

Syahrul, A. J. (2018). Pemodelan Simpang Bersinyal Akibat Perubahan Fase Dengan Software PTV Vissim pada Simpang Empat Bersinyal Jetis. 2018.

Ulfah, M. (2017). Mikrosimulasi Lalu Lintas pada Simpang Tiga Dengan Software Vissim (Studi Kasus : Simpang Jl. A. P. Pettarani – Jl. Let. Jend. Hertasning Dan Simpang Jl. A. P. Pettarani – Jl. Rappocini Raya). November, 151.

Aryandi, R. D., & Munawar, A. (2014). Penggunaan Software VISSIM untuk Analisis Simpang Bersinyal. FSTPT International Symposium, 17(August), 338–347.

Yulianto, B. (2013). Kalibrasi Dan Validasi Mixed Traffic Vissim Model. Media Teknik Sipil, 1–10.

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM. 14 Tahun 2006 tentang Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas di Jalan

Tamir, O. Z. (2008). Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Bandung: ITB.

Ulfah, M. (2017). Mikrosimulasi Lalu Lintas pada Simpang Tiga Dengan Software Vissim (Studi Kasus : Simpang Jl. A. P. Pettarani – Jl. Let. Jend. Hertasning Dan Simpang Jl. A. P. Pettarani – Jl. Rappocini Raya). November, 151.

PTV Group. 2015. PTV Vissim 8 User Manual. Karlsruhe: PTV AG

Transportation Research Board. 2010. Highway Capacity Manual 2010. Washington D.C.: TRB

Published
2022-01-28
Abstract viewed = 1372 times PDF downloaded = 843 times